Teori – cara individu memperhatikan lingkungan sosial

Teori – teori sosiopsikologis berfokus padapengenalan variabel – variabel yang mempengaruhi perilaku kita dalam interaksi.Pertama berfokus pada kondisi – kondisi dimana setiap individu mengaturketidakpastian tentang orang lain termasuk bagaimana memperoleh informasitentang orang lain, bagaimana hubungan antara ketidakpastian dan kecemasan, danbagaimana proses – proses pengurangan ketidakpastian berhubungan dengan budaya.

a.      TEORIPENGURANGAN KETIDAKPASTIAN Tujuan dari teori ini adalah untuk menjelaskanbagaimana komunikasi digunakan untuk mengurangi ketidakpastian diantara orangasing yang terlibat dalam perbincangan satu sama lain untuk pertama kalinya.Dalam teori pengurangan ketidakpastian fokus utamanya adalah bagaimana cara –cara individu memperhatikan lingkungan sosial mereka dan lebih mengenal dirimereka juga orang lain melalui sebuah interaksi.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Hal ini terdapat saat Jamie menjemput Dylan  sebagai Head Hunter di bandara, saat ituDylan melihat satu wanita yang sangat interaktif dan mencolok, dimana Jamie saatsedang menjemput Dylan menerbangkan kertas yang bertuliskan Dylan Harper. Saatitu Jamie berusaha mengambil kertas itu dengan menaiki tempat tas parapenumpang yang keluar. Dan sesaat menjadi pengambil tas bagi para penumpangbandara. Melihat hal itu Dylan menghampiri wanita yang mencolok itu dan melihatkertas yang bertuliskan namanya dan mengambilnya. Dan ini lah awal pertemuanmereka. Mereka pun berkenalan, tetapi setelah melihat kejadian tadi Dylan tidakmengira jika Head Hunter seaktraktif.

“Kau tidak persis seperti yang terlintasdalam pikiranku ketika memikirkan Head Hunter.”, disini Dylan sebelum bertemudengan Jamie sang Head Hunter sudah menduga – duga bahwa seorang Head Hunteradalah seseorang yang tegas, disiplin, dan kaku, namun dugaan dan kecemasanDylan berkurang seketika saat melihat wanita aktif tersebut adalah Head Hunteryang sedang menunggu kedatangan Dylan. Disini terjadi penurunan ketidakpastian.Hal ini juga terjadi saat Tommy sang editor olahragaberkenalan dengan direktur seni yang baru yaitu Dylan. Disini Tommy langsungberasumsi bahwa Dyaln adalah seorang gay, “Dengar, aku ingin mengajak mu keluarnanti malam dan menjaring lelaki”.

Dylan terkejut dan mengatakan bahwa diabukan seorang gay. Tommy agak terkejut mendengarnya karena Tommy berasumsibahwa direktur seni dan Dylan memiliki kulit yang halus dia menduga bahwa Dylangay. Bahkan Tommy mengajukan pertanyaan subjektif kepada Dylan untuk memastikanlagi bahwa dia bukan gay. A.   TRADISI SOSIOKULTURALTeori – teori sosiokultural tentang percakapanmembawa kita ke arah yang sangat berbeda. Disni, kita bertemu dengan penjelasan– penjelasan dari pemahaman apa yang dibuat atau dibangun dalam percakapan,bagaimana makna muncul dalam percakapan, dan bagaimana simbol – simboldiartikan melalui interaksi.

a.      INTERAKSIONISMESIMBOLISPentingnya pemahaman terhadap simbol – simbol ketikasesorang menggunakan teori interaksionisme simbolis. Tindakan individu yangtetap, seperti berjalan sendirian, atau membaca sebuah buku adalahinteraksional karena didasari pada gerak tubuh serta respons yang banyak terjadidimasa lalu dan terus berkelanjutan dalam pikiran individu. Simbol adalah objeksosial dalam suatu interaksi. Ia digunakan sebagai perwakilan dan komunikasiyang ditentukan oleh orang – orang yang menggunakanya. Orang – orang tersebut memberi arti, menciptakan danmengubah objek tersebut di dalam interaksi. Simbol sosial tersebut dapatmewujud dalam bentuk objek fisik (benda – benda kasat mata); kata – kata (untukmewakili objek fisik, perasaan, ide – ide, dan nilai – nilai), serta tindakan(yang dilakukan orang untuk memberi arti dalam berkomunikasi dengan oranglain.).

Pada saat interaksi Dylan dan Jamie di saat makansiang, Dylan menceritakan mantan pacarnya yang sangat hebat dan menyukai JohnMayer (penyanyi), yang ingin mereka tetap berteman setelah putus. Jamiemerespon dengan ekspresi yang jelek, seperti akan muntah mendengar deskripsidari Dylan tentang mantannya. Disini deskripsi Dylan tentang mantanya adalahsebuah simbol kata – kata yang mendapat respon dari Jamie berupa sebuahpenolakan. Jamie menganggap hal – hal yang seperti itu adalah simbol untuk”menjijikan”.Jamie juga menggunakan simbolnya saat Dylan berkata”Aku sudah selesai dengan masalah hubungan.”, lalu Jamie merespon “Nyonya, kauberkhotbah pada jemaat”. Ini adalah simbol pada interaksi, sebuah ungkapanuntuk mengartikan sesuatu hal lainya.

Interaksi Simbolis juga terjadi saat Dylan dan Jamieberinteraksi di luar kantor, Dylan sebagai teman Jamie tahu bahwa setiap kaliJamie mencela, matanya selalu berkedip. Atau saat berada di rumah Dylan, setelah Jamiemelihat foto masa kecil Dylan bersama kakaknya Annie, Jamie merentangkan leherdihadapan Dylan dan hal itu mendapat respon dari Dylan sebagai ajakan untukbercinta, namun sepertinya Dylan salah mengartikan, Jamie melakukan hal itukarena memang lehernya merasa capek karena perjalanan pesawat selama enam jam.Banyak sekali interkasi simbolis yang ditemukan padafilm “Friends with Benefits”, banyak interaksi yang mengandung simbol – simbol.Ini adalah implikasi teori pada kehidupan di film, yang juga bisa terjadi padakehidupan sehari – hari.

x

Hi!
I'm Simon!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out