STUDI the company has managed a successful

STUDI KASUS TERHADAP MODEL BISNIS PENJUALAN MAKANAN BERBASIS DARING: AFROKATSUMochamad Denna IskandarFakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesiaemail: [email protected] business are growingrapidly nowadays. It can affect the economy and social structure of a country.Therefore, a deep investigation to online business is needed to achieve aroadmap for the successful business in the future. Thus, this study is interestedin investigating one model of online-based food selling namely Afro Katsu.

Itwas founded by a young entrepreneur in Bandung It is a new style of eatingwhere a portion of rice is mixed with chicken katsu with various topping sauces in a unique style of food box. AfroKatsu is advertised and managed by online order system. This study employeddescriptive qualitative method. The data are gained through observation to thecompany and interview with the owner. The findings show that Afro Katsu hassuccessfully implemented four business management steps namely planning,organizing, actuating and controlling. The findings also reveal that thecompany has managed a successful business although it was started with a lowbudget. Creativity, originality, quality of the product, and utilization ofonline system are the keys to the success of this company.Keywords: Online Business, Online Based Food Selling,Case Study, Afro Katsu1.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

      PENDAHULUAN1.1  Latar Belakang Bisnis daring sudah menjadi sesuatu yang lumrah pada saatini. Saat ini bisnis daring berkembang pesat mengalahkan bisnis konvensional.Tidak ada yang menduga bisnis daring menjadi sesuatu yang selalu menjadi opsibagi masyarakat. Umumnya masyarakat sekarang berpikir bagaimana membangunbisnis dengan sistem daring, walaupun pasti ada tantangan-tantangan yang harusdilewati karena tidak semua orang mengerti dengan sistem daring. Namun kinimasyarakat seakan tidak lagi mempedulikan tantangan-tantangan yang harus merekalalui. Mereka melihat peluang dari bisnis daring tersebut. Peluang bisnis daridaring sendiri tentu kini sudah tidak diragukan lagi.

Kemudahan dalam daringkuhusunya dalam segi pemasaran. Pemasaran dalam bisnis daring sangatmemudahkan. Kini tidak perlu lagi kertas-kertas untuk di cetak dalam pemasarankarena kini cukup melakukannya dalam sebuah gambar dengan desain yang sangatmudah kita buat, lalu tinggal kita sebarkan lewat media sosial. Lalu mengenaiinteraksi antara jual-beli. Interaksi antara penjual dan pembeli sudah tidakperlu tatap muka lagi. Di dalam bisnis konvensional tatap muka harus terjadikarena transaksi dilakukan secara konvensional. Berbeda dengan bisnis daringpenjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung karena dalam bisnis daringtransaksi dilakukan dengan cara sistem dalam jaringan. Sistem daring merupakansistem dalam jaringan yang dilakukan di dunia media sosial.

Dalam bisnis daringkita harus pandai memainkan kata-kata. Bagaimana kata-kata tersebut dapatmempengaruhi konsumen kita. Karena konsumen akan tertarik dengan jargon-jargonperiklanan yang kita buat. Ada hal menarik mengenai jargon-jargon yang dibuatdalam bisnis jargon. Seseorang akan lebih tertarik dengan jargon yang dibuatdibanding dengan produk yang mereka buat. Ini hal yang menarik dalam bisnisjaringan.  Model bisnis daring sangat bervariasi. Adabanyak tipe bisnis yang dapat dilakukan dari mulai bisnis kuliner atau makanan,travel, jasa dan lain-lain.

Tinggal bagaimana cara kita memposisikan minat danbakat yang kita miliki. Setiap orang memiliki minat dan bakat yangberbeda-beda. Akan tetapi setiap orang memiliki tujuan yang sama yaitu suksesdalam bisnis nya. Kategori dan kriteria bisnis setiap orang berorientasi pada hasil.Tentu hasil yang akan dicapai adalah bagaimana rencana yang kita rencanakandapat berjalan dengan mulus.

Akan tetapi rintangan dalam berbisnis akan selaluada. Disini kita harus menyikapi rintangan-rintangan atau kegagalan denganmetode-metode atau pengalaman yang kita sudah alami. Pengalaman akan menjadikunci sukses dalam menyikapi dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang kitaakan hadapi.Adapun studi kasus yang saya akan lakukanmengenai bagaimana cara Afro Katsu berdiri dengan berdasar pada prinsipkewirausahaan.

Afro Katsu berdiri dengan mendasari kewirausahaan yangdididirikan oleh seorang mahasiswa jurusan Akuntansi. Beliau mendapatkan ideawal dari matakuliah yang beliau ambil pada semester 5 yakni matakuliahEntrepreneurship. Dari sana beliau belajar bagaimana mendirikan bisnis. Tentubanyak bidang bisnis yang beliau sudah ketahui akan tetapi beliau memilikiminat dalam bidang makanan.

Dari minatlah beliau mendapat kan ide bagaimanacara mendirikan bisnis. Bisnis Afro Katsu merupakan bisnis berbasis daring didalam bidang makanan. Afro Katsu bergerak dalam penjualan makanan cepat sajiberbasis daring. Afro Katsu tidak memiliki kios atau warung. Afro Katsumelakukan kegiatan penjualannya di rumah dengan memanfaatan media sosialseperti Line, BBM dan Telepon. Dari media sosialan bisnis Afro Katsu bergerak.Konsumen tinggal memesan via media sosial dan nantinya akan dikirim olehpegawai yang berstatus sebagai delivery man. Sasaran untuk Afro Katsu sendiriadalah mahasiswa dan mahasiswi.

Beliau melihat peluang dari mahasiswa danmahasiwi karena tentu banyak mahasiswa dan mahasiswi membutuhkan makanan yangcepat saji Karena banyak sekali dari mereka yang hidup mandiri jauh dari sanakkeluarganya. Dan faktanya beliau berhasil mendirikan bisnis daring makanannya.1.

2  TujuanTujuan umum karya ilmiah ini dibuat untuk mengetahuibagaimana mendirikan bisnis berdasar pada prinsip wirausaha dengan melakukanstudi kasus kepada pendirinya langsung agar menjadi contoh buat mendirikan kanusaha dari nol khusus nya pada bisnis daring yang bergerak pada bidang makanan.Adapun tujuannya untuk para pembaca adalah sebagai berikut ini adalah:1.      Agar supaya pembaca memiliki ide dalammenjalan kan bisnis daring dari awal2.      Agar pembaca meiliki gambaran bagaimanamemulai bisnis daring yang bergerak di bidang makanan3.      Agar supaya pembaca mengetahuiprinsip-prinsip berwirausaha 1.

3  Tinjauan PustakaBerdasarkan judul karya ilmiah mengenai “Studi Kasusterhadap Model Bisnis Afro Katsu” tentu diperlukan pehaman mengenai pengertianbisnis, langkah-langkah memulai mendirikan bisnis, cara mengelola bisnis caramengetahui alur sistem bisnis tersebut berjalan, cara menerapkan sistem bisnisdan pembuatan flowchart.1.3.1       Pengertian Bisnisbisnismerupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk berwirausaha dengan mengadopsiberdasar pada kewirausahaan  yang diawalidengan minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap pelaku bisnis yang bermuarapada aksi berkelanjutan. 1.

3.2       Langkah-Langkah Memulai Mendirikan BisnisLangkah-langkahmerupakan runtutan atau proses  untukmulai mendirikan suatu bisnis dari tahap nol sampai tahap akhirMenurut Dr.Ir. Eddy Soeryanto soegoto dalam buku Enterpreneurship yang berjudul MenjadiPebisnis ulung. Dibawah adalah langkah dan tahapannya adalah sebagai berikut :1.      Menysun rencana bisnis2.      Awal memulai bisnis3.

      Yang harus diperhatikan4.      Modal diri5.      Kunci sukses6.      Penunjang keberhasilanPengertian menurut beberapa ahli :1.     Bisnis adalah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompokorang atau perusahaan dalam bentuk jasa dan barang untuk memperoleh laba.(Soegoto: 2014) 2.     Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakandengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadibarang atau jasa yang diinginkan konsumen.

(Glos, Steade and Lowry : 1996) Dari pengertian diatas dapat disimpulkanbisnis merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau lebih dalammembentuk jasa dan barang yang diinginkan oleh konsumen untuk memperoleh laba. Pengertian Wirausaha menurut para ahli1.     wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan beranimenanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha. Steinhoffdan John F. Burgess (1993:35)Pengertian Bisnis menurut para ahli :1.     bisnis merupakan suatu pertukaran jasa, barang ataupun uang dengantujuan untuk memperoleh laba. (MC.

Naughton)2.     bisnis ialah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkankeuntungan bagi yang berkepentingan atau megusahakan kegiatan tersebut. (Prof.

L. R. Dicksee) Pengertian Bisnis DaringBisnis daring merupakan aktivitas bisnisyang mengemban sistem berbasis jaringan yang bertujuan untuk memudah aktivitasnya baik produsen maupun konsumen yang bertujuan untuk menghasilkan laba.

 Keuntungan dan kekurangan Bisnis Daring1.     Keuntungan Bisnis DaringBanyak keuntungan yang kita dapatkan jikakita mendirikan bisnis berbasis daring diantaranya kita bisa mengefisiensikanmodal dalam akun tanah atau bangunan. Dalam bisnis daring kita bisa tidakmenggunakan bangunan, kita cukup melakukan transaksi di bisnis daring via mediasosial. Lalu kita dapat memasarkan produk kita seluas-luasnya, karena penggunadunia sosial sangat banyak sekali.2.     Kekurangan Bisnis DaringKekurangan dalam bisnis daring terletakpada jaringan nya, karena jika jaringan ada suatu masalah atau disebut sedangeror tentu bisnis tidak akan berjala 1.3.

3       Cara Mengelola BisnisSetelahmengetahui dan menjalankan langkah awal dalam berbisnis tentu suatu keharusanuntuk tau cara mengelola bisnis yang telah kita bangun1.      Menyusun perencanaan (Planning)2.      Mendirikan organisasi(Organizing)3.      Membuat pengarahan (Actuating)4.      Bertindak pengawasan (Controling) 1.3.4       Langkah-langkah Dalam Memulai BisnisAda beberapa langkah dalam memulaisuatu bisnis (Soegoto:2014)1.     Menyusunrencana bisnisRencana bisnis (business plan) adalah dokumen tertulis yang berisi tujuan usaha,rencana penjualan, rencana keuangan, dan sasaran yang ingin dicapai dari usahatersebut.

a.      Menetapkantujuan dan sasaran, yakni penjabaran atas tujuan usaha, strategi yang dipakai,implementasi di lapangan dan sasaran yang diharapkan dari usaha tersebut.b.     Peramalanpenjualan, yakni memperkirakan seberapa besar produk yang akan laku terjual,jumlah persediaan brang digudang, luas ruang usaha yang akan dipakai dan tenagakerja yang dibutuhkan.

c.      Rencanakeuangan, yakni perncanaan modal awal yang dibutuhkan, dana cadangan yang  tersedia, titik pulang pokok (break event point), neraca keuanganserta aliran kas.2.     Awalmemulai bisnisHal-hal yang harus diperhatikan dalam memulaibisnis adalah sebagai berikut :a.      Siapa pelanggankitab.

     Lokasipelangganc.      Kemampuandaya beli pelanggand.     Jumlahproduk yang dapat dibeli pelanggane.      Siapapesaing kitaf.      Bedaproduk kita dengan pesaing3.

     Yangharus diperhatikanHal-hal yang harus diperhatikan dalam memulaibisnis adalah sebagai berikut :a.      Tekadkuat, kerja keras, dan dedikasib.     Kompetensimanajerialc.      Permintaanpasard.     Kontrolyang ketate.      Beriperhatian4.

     ModaldiriModal diri yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur :a.      Kompetensi,sesuai dengan keahlian/skill yangdimiliki.b.     Kecerdasan,kecerdasan ini bisa berupa kecerdasan IQ, EQ dan SQ.c.      Akalpikiran, selalu gunakanlah akal pikiran dalam melakukan tindakan.d.

     Keberanian,kita harus yakin dengan apa yang telah kita miliki karena bila tidak digunakandengan semestinya maka itu semua akan menjadi sia sia.e.      Keyakinan,kita yakin bahwa usaha yang kita bangun ini akan berhasil dan sukses.f.      Ketekunan,apabila kita tekun menjalani suatu usaha maka hasil yang dihasilkan juga akansesuai dengan yang diharapkan.

g.      Keuletan,sikap yang tidak gampang menyerah.h.     Kerajinan,orang yang tidak menyia-nyiakan waktu sedikitpun.5.     KuncisuksesKunci sukses memulai suatu usaha adalah :a.

      Modal,sesuaikan kondisi keuangan kita dengan usaha yang akan kita buka, usahakanhanya membelanjakan sebesar 70% dari modal yang dimiliki dan sisanya disimpansebagai modal cadangan.b.     Skill, buatlah suatu usaha dengankemampuan yang dimiliki, jangan sampai diluar batas kemampuan kita.c.

      Lokasi,bukalah suatu tempat usaha yang strategis atau mudah dijangkau oleh parakonsumen. Biasanya lokasi yang paling baik adalah di tengah-tengah kota ataudipusat perbelanjaan.d.     Promosi,untuk pertama kali membuka suatu usaha, maka disarankan lakukanlah promosi agarkita bisa mendapatkan konsumen.e.      Brand, ini bisa meliputi nama, logo yangakan menjadi daya tarik bagi para konsumen.

f.      Membangunsistem, bangunlah sistem yang baik dalam memulai suatu usaha meliputi manajemenusaha, organisasi dan pengelolaan keuangan.g.      Karyawan,untuk pertama kali memulai suatu bisnis pekerjakanlah karyawan tidak terlalubanyak, nanti kalau sudah mulai berkembang bisa untuk menambah karyawan.6.     PenunjangkeberhasilanKeberhasilan suatu usaha ditentukan olehpenunjang keberhasilan, diantaranya :a.      Pengetahuan(Knowledge)b.     Kemampuan(Capable)c.

      Pengalaman(Experience)d.     Visi (Vision)e.      Harapan(Hope)f.      Keyakinan(Faith)g.      Kebahagiaan(Happiness) 1.

3.5       Cara Mengelola BisnisDisebutkan bahwa cara mengelola bisnis adalah sebagai berikut (Soegoto:2014)1.        Perncanaan(Planning)Perencanaan adalah proses manajemen untukmenetapkan sasaran dan tujuan organisasi dan menentukan cara terbaik untukmencapainya. Adapun tujuh langkah proses perencanaan strategis adalah sebagaiberikut :a.

         Mengembangkanvisib.        Menulispersyaratan misic.         Melaksanakananalisa SWOTd.        Mengembangkanprediksie.         Menganalisapersainganf.         Menentukanarah dan tujuang.         Mengembangkanrencana pelaksanaan2.

        Pengorganisasian(Organizing)Proses manajemen yang menetapkan cara terbaikdalam mengatur  sumber daya dan aktivitasorganisasi menjadi sturktur yang logis dan saling berkaitan.3.        Pengarahan(Actuating)Proses manajemen yang memandu dan memotivasikaryawan untuk mencapai sasaran organisasi.4.        Pengawasan(Controlling)Proses manajemen yang mengawasi kinerjakaryawan, bahwa perusahaanya itu sudah mencapai target sasarannya.

 2.      METODEPenelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitiankualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut padangpartisipan. Dengan demikian arti atau pengertian penelitian kualitatif tersebutmerupakan penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005). Fenomena yang akan dipahami adalah bisnis makananberbasis daring bernama Afro Katsu.

Data diperoleh dengan cara observasi danwawancara terhadap pemilik atau pendiri. Data dianalisis dengan metodedeskriptif kualitatif. 3.      PEMBAHASANHasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa AfroKatsu berdiri dengan modal awal 5.000.000 rupiah untuk keperluan peralatan danmengambil bahan-bahan untuk dijual kepada produsen. Untuk masalah pemasaranpada awalnya dimulai dengan menggunakan media sosial berbentuk aplikasi Linedan Intagram, dimana dari situ sasaran dagang yakni untuk mahasiswa danmahasiswi bisa tercapai.

Dalam melakukan rencana bisnis Afro Katsumemparaktikan tahapan-tahapan berupa tahap perencanaan, pengorganisasianpengarahan dan pengawasan. Mereka terus mengaplikasikan tahapan tersebut,memang pada awalnya sedikit ada hambatan karena beliau hanya mengurusinyaseorang diri, namun seiring waktu berjalan ada partner yang menemani untukmengembangkan terus bisnis nya. Pada awalnya tidak ada karyawan yangdipekerjakan namun seiring berjalannya waktu Afro Katsu sudah memiliki karyawanberjumlah 3 orang yaini 2 orang menjadi delivery/staff gudang dan 1 orangmenjadi juru masak. Dalam proses  orderyang dilakukan Afro Katsu kepada pelanggannya melalui order melalui akun Linedan Nomor telepon. Lalu konsumen tinggal melakukan pemesanan melalui Line ataunomor telepon nanti barang akan dikirim melalui staff gudang atau delivery kepadaalamat pemesan dan ditempat konsumen lah transaksi keuangan terjadi . Order dalam melakukan pemesanan di AfroKatsu konsumen hanya cukup melakukan order via media sosial berupa line dannomor telepon nantinya makanan yang akan dipesan akan dikirim ke alamatpemesan. Teknik pemasaran Afro Katsu melakukan pemasaran melalu medial sosialyakni berupa aplikasi line dan Instagram.

Dimana disana Afro Katsumemperkenalkan produk berupa gambar dan penjelasan makanan nya.Hal yang menarikdari Afro Katsu. Dari hasil analisi ada beberapa hal yang membuat Afro Katsutetap eksis sampai saat ini adalah pertama produk yang dijual. Produk yangdijual merupakan ayam katsu yang diberi varian rasa saos seperti saos barbeque,oriental, teriyaki, yakiniku, dan keju. Saos yang dijual adalah saos hasilbuatan rumahan yang memiliki kesan unik dibanding dengan produk lain dalam katalain produk Afro Katsu berbeda jenis makanannya dengan produk lain. Produktersebut di kemas dalam bentuk kap yang memudahkan untuk dimuat dan praktis.Dalam pengemasan Afro Katsu melakukan pengemasan yang ekonomis, dimana produkdikemas dengan model cup yang sangat menarik lagi murah. Cup didapatkan dariprodusen tetapi untuk desainnya afro melakukan sendiri.

Sementara untuk logo sipendiri membuat logo dari salah satu karakter dalam film yang ini merupakanimplementasi dari pemasaran yang menitik beratkan kepada zaman-zaman dimanakita harus mengikuti perkembangan logo desain, terus memperbaharuinya hinggalogo tersebut terlihat menarik oleh mahasiswa dan mahasiswi yang umumnya banyakdari kalangan mahasiswa. Ini yang menjadi hal yang menarik atas produk yangmereka jual. Karena dalam menjual produk kemasan harus dibuat semenarik mungkindan tidak hanya menarik juga harus menempatkan pada suatu zaman dimana produkyang kita keluarkan akan di luncurkan pada zaman sekarang ini. Karena sekarangini desain produk sangat membantu mensukseskan suatu produk yang kita buat. Iniyang menjadi produk Afro Katsu laku dipasaran.Omset untuk Afro Katsu sendri bisamenghasilkan 10.000.000 rupiah dalam sebulan, dan untuk per tahun dapatmenghasilkan omzet 120.

000.000 dengan laba bersih sekitar 100.000.000.  Gambar.1Gambar1. diatas adalah logo yang di ciptakan olehpendiri.

Gambar diatas sangat terlihat menarik karena logo diatas merupakansalah satu karakter dalam sebuah film               Gambar.2Gambar2 merupakan contoh kemasan yangdibuat oleh Afro Katsu, dimana kemasan sangat ekonomis dan terlihat menariklagi lagi sangat mudah digenggam.                  Gambar.3Gambar3. merupakan keseluruhan gambaranpada menu Afro Katsu. Dimana ada 5 menu Afro Katsu yaitu :1.     Chiken Katsu barbeque2.

     Chiken katsu Teriyaki3.     Chiken katsu yakiniku4.     Chiken katsu oriental5.     Chiken katsu cheese                         Gambar.4Gambar.4 menggamabarkan kegiatan aktivitas bisnis yangterjadi di Afro Katsu 4.

      KESIMPULANAfro Katsu adalah bisnis yang berbasis daring (dalamjaringan) yang bergerak pada bidang penjualan makanan cepat saji. Aplikasi yangditerapkan aplikasi Line. Afro Katsu telah berhasil mengimplementasikanteori-teori kewirausahaan, diantaranya pengorganisasian dan perencanaan, dimanaAfro Katsu mampu berdiri seorang diri atau dapat dikatakan founder dalambisnis makanan cepat saji berbasis aplikasi. Memang pada awalnya ada saja suatu kendala, seperti tidak buta nya dalamstrategi pemasaran tetapi lambat laun bisa dilalui. tetapi didalam suatukendala atau masalah pasti ada jalan keluar. Sekarang bagaimana  memulai memikirkan bisnis dari hal mikroseperti dari minat dan bakat, karena disitulah ide akan muncul. Ide akan munculbila digali terus menerus.

 5.     REFERENSISoegoto, EddySoeryanto. 2014.

Entrepreneurship:MenjadiPebisnis Ulung. Edisi Revisi. Jakarta : Kompas GramediaSugiyono.

(2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:ALFABETA.

          

x

Hi!
I'm Simon!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out